PAKETRUPIAH Powered by Paketrupiah.com

Padaido, Laut Surga di Papua

Indonesia Hotels Online kali ini tidak membicarakan tentang hotel dan kelengkapannya. Sebagai negara yang terkenal keindahannya, Indonesia Hotels Online dengan bangga menuliskan kembali artikel yang didapat dari berbagai sumber tentang keindahan salah satu profinsi yang ada di Indonesia yaitu Papua atau Irian Jaya. Negeri ini menyimpan banyak keelokkan wisata alam, salah sataunya adalah wisata laut. Mau tahu lebih banyak ? lanjutkan saja membacanyanya. Selamat menikmati keindahan Papua melalui Indonesia Hotels Online.

Terlindung dari ganasnya ombak Samudera Pasifik oleh Pulau Biak dan terletak di perairan yang tenang di teluk Cendrawasih, Kepulauan Padaio merupakan tempat yang paling sempurna untuk melakukan berbagai petualangan bawah air. Padaido adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 30 pulau kecil dan terletak di sepanjang sisi tenggara Pulau Biak. Dahulu kepulauan ini bernama Kepulauan Schouter, berasal dari nama pemimpin rombongan pelaut Belanda yang pertama kali menemukan kepulauan itu pada 1602, William Schouter.

Berbicara tentang makna, Padaido berasal dari bahasa setempat yang berarti keindahan yang tak dapat diungkapkan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Biodiversity Conservation Network (BCN), Kepulauan Padaido merupakan salah satu tempat yang memiliki keragaman hayati ekosistem koral terbesar di dunia. Karang di kepulauan ini menyimpan 95 spesies koral dan 155 spesies ikan, seperti berbagai jenis hiu karang dan gurita serta berbagai kekayaan maritim lainnya. Kekayaan biologi lain yang ada di kepulauan ini antara lain 48 spesies pohon, 26 spesies burung, 14 spesies reptil, dan 7 spesies mamalia.

Menurut seorang penyelam yang pernah bekerja untuk Almarhum Jacquest Cousteau, seorang peneliti kelautan ternama, titik-titik penyelaman yang terbaik terdapat di sisi paling timur Kepulauan Padaido. Sementara sisi barat Kepulauan Padaido bawah lebih cocok sebagai tempat snorkeling. Dengan air yang jernih dan dangkal, pantai landai ini sangat cocok untuk kegiatan tersebut. Saat air surut, anda akan dengan mudah melihat species-species laut yang cantik seperti ikan-ikan karang yang berwarna cerah, hiu karang kecil, ikan pari bermotif bulatan biru, belut moray, dan ular laut.

Beberapa penyelam internasional berpendapat bahwa kawasan pantai Padaido merupakan salah satu kawasan yang memiliki terumbu karang yang paling spektakuler di dunia. Maka dari itu, taman laut ini sangat cocok untuk petualangan menyelam dan snorkeling. Hanya membutuhkan waktu 1 jam dari pelabuhan Bosnik untuk mencapai kepulauan Padaido dengan menggunakan motor boat dan sekitar 3-4 jam menggunakan kano dayung. Pulau ini menawarkan berbagai daya tarik, gua bawah laut, dan terowongan untuk dijelajahi.

Seperti yang banyak ditemui di pulau induk, anda juga akan sering mendapati sisa-sisa kapal laut, pesawat terbang, dan tank yang karam. Besi-besi tua itu berubah menjadi media bagi terumbu karang yang menjadi tumpuan seluruh kehidupan laut. Karang atol di perairan ini juga menjadi rumah bagi ikan-ikan besar seperti tuna sirip biru yang bisa mencapai panjang 2 meter dan ikan kelelawar yang biasa datang bergerombol dalam jumlah yang besar. Penyelam juga akan sering menemui berbagai jenis hiu, ikan pari, dan penyu.

Untuk memajukan kehidupan dan pariwisata secara selaras, Yayasan Rumsram (berpusat di Biak) dan Yayasan Hualopu (berpusat di Ambon) yang disponsori oleh UNDP pernah membangun beberapa toilet baru di pulau Wundi, Saba, dan Dawi, sebuah penginapan tambahan di pulau Dawi, membuat perahu dan pelabuhan yang bisa disewakan di pulau Saba dan Dawi. Kedua yayasan itu juga mengadakan kelas bahasa Inggris untuk masyarakat lokal dan kemajuan telah mulai dirintis sebagai perencanaan kegiatan menejemen pariwisata.

Selain hal-hal diatas, yayasan tersebut juga melakukan satu kegiatan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup terumbu karang maupun masyarakat yang hidup darinya. Mereka membantu dengan cara memberikan pengertian akan pentingnya memperhatikan kelestarian alam dalam meningkatkan taraf kehidupan. Untuk mendukung usaha masyarakat dalam pengembangan perekonomian melalui pariwisata, Pemda Kabupaten Biak membuat kemajuan dengan melengkapi beberapa fasilitas umum dengan internet. (Roberto J. Setyabudi/140308)

Sumber:Dari berbagai sumber

0 komentar: